News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hukum Wanita Menikah Sebelum Masa Iddah Berakhir dalam Islam | Konsultasi Muslim

 


Pertanyaan:

Assalamu'alaikum. Saya ingin mengajukan pertanyaan di konsultasi muslim tapi diarahkan ke sini.

Begini ustadz, bagaimana status pernikahan pasangan yang awalnya menikah siri namun sekarang masing² sudah memiliki pasangan sah dan anak²?. Jadi ceritanya katakanlah laki² bernama W menikahi wanita bernama M secara siri tanpa di ketahui keluarga pria karena desakan keluarga wanita. Setelah 3bulan menikah, keluarga wanita menuntut W bicara pada keluarganya namun karena W masih kuliah dan memang tidak siap nikah, W tetap tidak mau bicara pada keluarganya kalau dia sudah di nikahkan oleh keluarga wanita secara siri. Akhirnya keluarga wanita (M)  memberi pilihan apakah W mau bicara pada keluarganya atau menceraikan M?. Dan W saat itu memilih menceraikan M karena memang menikah pun di paksa keluarga M. Selang 3 minggu setelah jatuh talak, M dan W kembali bersama melakukan hubungan suami istri. Sepemahaman saya, masa iddah belum habis jadi mereka masih bisa rujuk. Katakanlah mereka rujuk tapi tidak ada keluarga yang tahu. Sampai M dilamar seorang pria, lalu W dan M membuat perjanjian, kalau M menikah saja dulu dengan pria yang melamarnya, nanti cerai dan mereka (M dan W) akan menikah secara resmi kalau W sudah bekerja. Bertahun² berlalu, M tetap menikah dengan suami barunya. Dan W menikah dengan wanita lain secara resmi.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana status pernikahan W dan M? Mengingat W baru menjatuhkan talak 1 dan bergumul kembali dengan M sampai malam M menikah?. Setelah itu tidak ada ucapan talak lagi melainkan meminta M menikahi pria yg melamarnya. Sekarang keduanya sudah memiliki pasangan masing² dan  anak² dari pasangan masing².

Terima kasih ustadz

Dari: Fulanah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى  melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa’alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Begini, dalam permasalahan thalaq para ulama membagai jenis thalaq menjadi 2:

1. Thalaq Sharih

2. Thalaq Kinayah

Imam Ibnu Rusyd rohimahullah berkata di dalam kitabnya Bidayatul Mujathid Wa Nihayatul Muqtasid :

واتفق الجمهور على أن ألفاظ الطلاق  المطلقة صنفان : صريح و كناية. واختلفوا في تفصيل الصريح من الكناية

 Para ulama jumhur (mayoritas ulama) sepakat bahwa lafadz-lafadz thalaq yang bisa jatuh thalaq padanya ada 2 macam : Jelas dan sindiran (samar-samar). Dan para ulama berbeda pendapat tentang rincian jelas dari lafadz kinayah. (Bidayatul Mujtahid, jilid 2 halaman 127).

Lafadz thalaq itu terbagi 2 :

1. Sharih : Jelas.

Suami mengatakan thalaq (cerai) secara jelas kepada istrinya.

Contoh : Saya thalaq kamu. Maka seperti ini jelas dan tentunya jatuh thalaqnya.

2. Kinayah : Sindiran.

Contoh : Pulanglah kamu ke rumah orang tuamu.

Nah, sebelum pulang, tanyakan dulu apa maksud suami tersebut mengatakan seperti itu. Jika maksudnya thalaq, maka jatuh thalaqnya, akan tetapi, jika niatnya hanya menyuruh pulang saja untuk menenangkan diri dulu, kalo sudah reda baru kembali lagi ke rumah, maka tidak termasuk thalaq.

Dalam permasalahan di atas jika melakukan hubungan suami istri berarti terhitung ruju' dan sekalipun dia menceraikan istrinya sehari sebelum dia menikah dengan lelaki lain, masa iddahnya belum selesai, maka haram bagi seorang wanita muslimah menikah dalam waktu masa iddah.

Allah berfirman:

وَلا تَعْزِمُوا عُقْدَةَ النِّكاحِ حَتَّى يَبْلُغَ الْكِتابُ أَجَلَهُ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِي أَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوهُ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَفُورٌ حَلِيمٌ

Janganlah kalian menginginkan akad nikah hingga ketentuan Allah sampai pada waktunya. Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati kalian maka berhati-hatilah kepada-Nya dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 235).

Di dalam Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah disebutkan:

اتفق الفقهاء على أنه لا يجوز للأجنبي نكاح المعتدة أيا كانت عدتها من طلاق أو موت أو فسخ أو شبهة ، وسواء أكان الطلاق رجعيا أم بائنا بينونة صغرى أو كبرى . وذلك لحفظ الأنساب وصونها من الاختلاط ومراعاة لحق الزوج الأول ، فإن عقد النكاح على المعتدة في عدتها ، فُرّق بينها وبين من عقد عليها ، واستدلوا بقوله تعالى : ( ولا تعزموا عقدة النكاح حتى يبلغ الكتاب أجله ) والمراد تمام العدة ، والمعنى : لا تعزموا على عقدة النكاح في زمان العدة ، أو لا تعقدوا عقدة النكاح حتى ينقضي ما كتب الله عليها من العدة

Para ahli fikih bersepakat bahwa tidak boleh bagi seseorang untuk menikahi wanita yang masih berada pada masa iddah dengan semua penyebabnya, karena dicerai, atau karena suaminya meninggal dunia, atau karena dipisahkan atau karena adanya syubhat, baik talak yang masih bisa rujuk (raj’i) atau talak tidak bisa rujuk (bain), baik bain sugro maupun bain kubro. Yang demikian itu untuk menjaga percampuran nasab satu sama lain, menjaga hak dari suami sebelumnya. Jika akad nikah dilakukan pada masa iddah maka solusinya wajib dipisahkan kedua mempelai tersebut, mereka berhujjah dengan firman Allah Ta'la:

ولا تعزموا عقدة النكاح حتى يبلغ الكتاب أجله

Dan janganlah kamu ber'azam (bertetap hati) untuk beraqad nikah, sebelum habis `iddahnya. (QS. Al Baqarah: 235).

Yang dimaksud dengan masa penantian penuh adalah: Janganlah memutuskan akad nikah pada masa penantian tersebut, atau janganlah melangsungkan akad nikah sampai masa tunggu yang telah ditetapkan Allah untuk itu telah selesai. (Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah, jilid 29 halaman 346).

Maka dari itu, tidak boleh menikah dalam masa iddah. Jika tetap menikah, maka pernikahannya batil dan wajib dipisahkan.

Namun, jika si lelaki dalam kasus di atas tidak berniat menceraikan, maka berarti mereka tetap menjadi suami istri dan pernikahan sang wanita dengan lelaki lain tidak sah dan terhitung zina selama pernikahannya. Na'udzubillahi min dzalik.

Maka konfirmasi terlebih dahulu kepada si lelaki sebelum bertindak lebih jauh.

Semoga bisa dipahami.

Wallahul Musta’an.

Tags

Posting Komentar