News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Nasehat Ulama Salaf tentang Waktu | Konsultasi Muslim

 


Berikut nasehat-nasehat ulama tentang pentingnya menjaga waktu :

1. Imam Syafi’i rohimahullah berkata :

صحبت الصوفيّة فلم أستفد منهم سوى حرفين، أحدهما قولهم: الوقت سيف فإن قطعته وإلا قطعك

Aku pernah bersama dengan orang-orang sufi. Aku tidaklah mendapatkan pelajaran darinya selain dua hal. Salah satu dari perkataan mereka : “waktu itu bagaikan pedang. Jika kamu tidak memotongnya (memanfaatkannya), maka dia akan memotongmu.” (Idaarotul Waqti minal Mandzuuril Islaamy wal Idaary, jilid 1 halaman 119).

2. Imam Syafi’i rohimahullah juga berkata :

ونفسك إن أشغلتها بالحق وإلا اشتغلتك بالباطل

Jika dirimu tidak tersibukkan dengan hal-hal yang baik, maka pasti akan tersibukkan dengan hal-hal yang sia-sia. (Al-Jawaabul Kaafi, Arsyf Multaqo Ahlul Hadits, jilid 135 halaman 35).

3. Imam Hasan Al-Bashri rohimahullah berkata :

يا ابن آدم إنما أنت أيام، كلما ذهب يوم ذهب بعضُك

Wahai anak Adam, sesungguhnya kalian hanyalah kumpulan dari hari-hari. Bilamana hari itu hilang, maka hilang pula lah sebagaian darimu. (Idaarotul Waqti minal Mandzuuril Islaamy wal Idaary, jilid 1 halaman 124).

Waktu sangatlah penting bagi kehidupan manusia, sampai-sampai Allah bersumpah demi waktu dalam Al-Qur’an.

Allah befirman :

وَالْعَصْرِ، إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ، إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al-‘Asr : 1-3).

Oleh karnanya, jika seorang muslim tidak menggunakan waktu dengan sebaik mungkin, maka waktu tersebut yang bisa melalaikannya. Artinya waktu yang dihabiskan akan terbuang sia-sia dan tidak menimbulkan manfaat baginya.

Waktu pada saat ini tidak akan pernah terulang, selagi diberikan kesempatan, gunakanlah waktu pada saat ini dengan baik dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Posting Komentar