News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hukum Joki Skripsi dalam Islam | Konsultasi Muslim

 


Zaman sekarang banyak orang yang ingin mencapai kesuksesan secara instan tanpa mau bekerja sedikit lebih giat untuk mewujudkannya. Ketika keinginan seperti ini muncul di dalam diri seseorang, maka tak heran perbuatan yang dilakukan condong kepada hal yang negatif dan bahkan bisa menyelisihi syari’at Islam.

Salah satu cara instan yang banyak berseliweran di luar sana adalah adanya jasa “Joki Skripsi”, di mana dia membayar orang untuk menyelesaikan skripsinya sampai selesai.

Bagaimana Hukum Islam memandang joki skripsi seperti ini?

Allah berfirman:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. (QS. Al-Maidah: 2).

Imam Al-Qurtubi rohimahullah mengomentari ayat di atas di dalam tafsirnya Al-Jaami’ Li Ahkaamil Qur’an:

(وَلا تَعاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوانِ) وَهُوَ الْحُكْمُ اللَّاحِقُ عَنِ الْجَرَائِمِ، وَعَنِ" الْعُدْوانِ" وَهُوَ ظُلْمُ النَّاسِ

(Dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran). Dan hukum ini berlaku setiap perbuatan yang mengarah kepada kejahatan. Dan tentang “’Udwan” (pelanggaran), maksudnya adalah menzolimi manusia. (Al-Jaami’ Li Ahkaamil Qur’an, jilid 6 halaman 47).

Abul Hasan ‘Aly An-Nisabury As-Syaafi’i rohimahullah berkata di dalam tafsirnya:

وقوله: {وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ} [المائدة: 2] قال عطاء: يريد: معاصي الله والتعدي في حدوده

Firman Allah: (dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran). Atha’ berkata: maksud nya, dalam maksiat kepada Allah dan melanggar hukum-hukum Allah. (Al-Wasith Fii Tafsiiril Qur’anil Majid, jilid 2 halaman 150).

Berdasarkan ayat dan penjelasan ulama di atas bahwa setiap perbuatan yang mengarah kepada kemaksiatan dilarang di dalam Islam. Dan joki skripsi merupakan perbuatan kemaksiatan, sebab berbuat curang dalam melaksanakan tugas perkuliyahan. Baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan sekaligus mengancam bagi pelaku kecurangan.

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَمَنْ غَشَّنَا فَلَيْسَ مِنَّا

Barangsiapa yang menipu kami, maka dia bukan golongan kami. (HR. Muslim, hadits no. 101).

Di dalam joki skripsi terdapat penipuan yang di mana mahasiswa diwajibkan untuk membuat karya sendiri, namun ketika diupahkan kepada orang lain, atau sang penjoki yang membantu untuk menyelesaikan skripsi itu, maka keduanya sama-sama terjerat dalam tindakan penipuan dan sama-sama mendapatkan dosa di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka hendaknya seorang muslim menjauhi perbuatan semacam ini.

Penulis: Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Posting Komentar